Latest News

Langkah Langkah Membuat Blog di Blogger

Langkah Langkah Membuat Blog di Blogger.comBagi sahabat-sahabat yang belum punya blog dan belum pernah mebuat blog bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di artikel ini untuk dapat membuat blog sendiri. Namun sebelum sobat mengikuti langkah-langkah di sini sobat harus memiliki akun email terlebih dahulu. Jika sobat juga belum punya akun email dan belum bisa buat akun email tak usah khawatir, karena sobat sebentar lagi akan bisa membuatnya dan segera memilikinya dengan mengikuti langkah-langkah yang ada di sini.
Jika sobat sudah memiliki akun email (karena kita akan membuat akun blog di blogger.com, maka sobat harus memiliki akun email di google yaitu gmail com atau gmail.co.id) sobat bisa langsung mengikuti langkah-langkah membuat blog berikut ini:
  1. Pertama sobat buka web browser seperti mozila, crome, internet explorer dan sejenisnya, kemudian pada address bar bisa diketik http://www.blogger.com  atau sobat cukup klik di sini. akan muncul tampilan awal halaman seperti berikut.
  2. Silahkan sobat ketik alamat email yang sudah sobat miliki dan jangan lupa ketik kata sandi pada bagian sandi. Jika sobat ingin google mengingat akun email sobat sehingga nanti tidak perlu lagi login seperti ini silahkan ceklis pada bagian tetap masuk. 
  3. Kemudian klik tombol masuk sehingga muncul tampilan berikut ini.
  4. Untuk memudahkan sobat silahkan pilih bahasa yang digunakan yaitu bahasa indonesia. Tapi kalau sobat sudah jago bahasa inggris silahkan pakai bahasa tersebut. Kemudian klik tombol lanjutkan ke blogger sehingga muncul tampilan berikut.
  5. Silahkan sobat klik tombol buat baru sehingga muncul tampilan seperti pada gambar berikut ini.
  6. Isikan Judul blog yang sobat inginkan misalkan "belajar membuat blog" kemudian masukkan alamat blog yang sobat inginkan misalkan belajar.blogspot.com (blogger akan otomatis memverifikasi alamat yang kita tuliskan, jika alamat tersebut sudah ada yang makai maka alamat tersebut tidak akan valid dan kita harus menggantinya dengan alamat yang valid untuk kita) jika sudah valid atau disetujui blogger atau alamat tersedia untuk kita, kita lanjutkan dengan memilih salah satu template yang tersedia. Silahkan sobat pilih sebarang template yang diinginkan karena nanti belakangan template juga bisa diganti sesuai keinginan kita. Cara menggantinya bisa juga sobat lihat di sini
  7. Setelah itu baru kita klik tombol buat blog sehingga tampilan akan terlihat seperti gambar berikut ini.
  8. Pada gambar di atas terlihat keterangan bahwa blog anda telah dibuat (selamat saya ucapkan untuk sobat!). Artinya kita sudah punya blog pribadi dengan judul belajar membuat blog di blogger dan alamat blog kita adalah belajar.blogspot.com. Untuk melihat Dasboard kita bisa mengklik tulisan belajar blog di blogspot di atas. Untuk melihat halaman blog, kita bisa klik tombol lihat blog.  Jika kita klik belajar membuat blog di blogger akan muncul halaman dashboard seperti gambar berikut.
  9. Halaman ini nantinya akan kita gunakan untuk berbagai keperluan yang kita butuhkan di blog kita. Penjelasan mengenai ini akan kita uraikan pada materi atau artikel yang lain. Pada halaman ini kita kita juga bisa melihat blog dengan mengklik tombol lihat blog. Jika tombol lihat blog kita klik akan muncul halaman blog kita seperti gambar berikut.
  10. Sekali lagi saya ucapkan selamat untuk sobat karena sudah sukses membuat blog. Walaupun sederhana, tapi sobat tenang saja karena nantinya tampilan ini bisa kita ubah. Pada gambar di atas terlihat bahwa di blog kita tertulis tidak ada entri. Ini artinya kita belum pernah melakukan posting artikel di blog (maklum baru jadi sobat). Tapi sebentar lagi akan kita isi. Untuk menuliskan postingan atau artikel sobat bisa pilih tombol entri yang ada pada pojok kanan atas halaman blog sobat atau dari halaman dashboard. Jika tombol entri post kita klik akan muncul halaman entri seperti gambar berikut.
  11. Pada halaman  di atas sobat sudah bisa membuat postingan untuk dipublikasikan kepada pembaca. Caranya sobat tuliskan judulnya misalkan "belajar membuat blog di blogger". Kemudian tentukan labelnya misalkan "Nge blogspot". Setelah itu isikan artikel yang ingin disampaikan seperti pada gambar berikut.
  12. Jika sudah selesai lakukan penyimpanan (biasanya penyimpanan akan dilakukan secara otomatis dalam periode waktu tertentu). Jika artikel yang ditulis merasa sudah ok, silahkan sobat klik tombol publikasi jika sukses tampilan berubah seperti berikut.
  13. Untuk memastikan bahwa postingan kita sudah berhasil dipublikasikan, sobat bisa klik tombol lihat blog maka hasilnya terlihat seperti gambar berikut.
Sekali lagi saya ucapkan selamat buat sobat karena telah sukses membuat sebuah blog pribadi yang nantinya dapat sobat gunakan untuk berekspresi di dunia maya. Untuk mempercantik tampilan blog dan lain sebagainya bisa sobat ikuti tutorial lainnya. semoga ada manfaatnya.

0 Response to "Langkah Langkah Membuat Blog di Blogger"