Latest News

Cara Memasang Flag Counter atau Bendera Pengunjung di Blog

Cara Memasang Flag Counter atau Bendera Pengunjung di Blog
Jika sobat bloger ingin memperncantik tampilan blog, sobat bisa memasang berbagai aneka ragam pernak-pernik blog di blog yang sobat cintai. Salah satu pernak-pernik yang dapat mempercantik tampilan blog adalah flag counter atau bendera pengunjung. Untuk membuat atau mendapatkannya sobat bisa searching di google dengan keyword flag counter, maka sobat akan mendapatkan banyak penyedia layanan pembuatan flag counter. Jika sobat tidak mau pusing dalam memilih sobat bisa kunjungi https://flagcounter.com atau di http://24counter.com/.
Sebelum kita memasang flag counter ini perlu penulis sampaikan bahwa flag counter ini gunanya adalah untuk membantu kita dalam menghitung jumlah pengunjung blog berdasarkan negara pengunjung didasarkan pada IP address mereka. Flag counter ini juga bermacam-macam, ada yang menghitungnya berdasarkan negara, dan ada pula yang menghitungnya berdasarkan kota atau wilayah pengunjung. Dari segi model tampilan flag counter ini juga banyak macamnya, ada yang berbentuk bendera berputar-putar, berbentuk smartphone, bola bumi dan lain sebagainya. Tapi walaupun berbeda-beda pada prinsipnya adalah sama yaitu untuk menghitung junglah pengunjung blog kita tercinta.
Baik sahabat blogger! biar gak terlalu lama langsung saja kita ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Pertama sobat harus mengunjungi situs yang menyediakan layanan flag counter. Salah satunya binya sobat klik di link ini. Maka akan tampil halaman berikut.
  2. Silahkan sobat isi option  yang sudah disediakan dan jangan lupa untuk menyesuaikan dengan halaman blog sobat. Untuk melihat perubahan yang sobat lakukan silahkan lihat pada preview yout selections on our sample flag counter. Berikut ini adalah contoh flag counter jika sobat pilih option flag map.
  3. Jika sobat tidak ingin melakukan perubahan langsung saja klik get your flag counter. Akan muncul halaman seperti gambar berikut.
  4. Silahkan sobat ketik email sobat kemudian pilih skip. Akan muncul halaman seperti gambar berikut ini.
  5. Silahkan sobat copy code for website (HTML) di blog sobat dengan cara buka dashboard blog sobat, kemudian pilih tata letak (lay out) setelah itu pilih tambah gadget (sesuaikan dengan tempat dimana sobat ingin melatakkan flag counter ini). Akan muncul halaman seperti berikut.
  6. Pilih HTML/Java Script sehingga muncul halaman berikut.
  7. Jika sobat mau beri judul gadget ini misalnya pengunjung, jika tidak juga tidak apa-apa karena pada waktu kita membuat flag counter di flagcounter.com tadi sudah ada namanya visitors. Silahkan sobat pastekan code javascript yang sudah didapat tadi pada bagian content seperti gambar berikut.
  8. Setelah selesai jangan lupa lakukan penyimpanan sehingga muncul gambar berikut.
  9. Jika mau sobat bisa atur dulu posisi gadgetnya, jika sudah selesai pilih simpan setelan kemudian lihat blog sobat sudah ada flag counternya.
  10. Jika sobat tidak menuliskan judul gadget (sobat bisa juga menghapusnya kembali lewat tombol edit gadget) hasilnya adalah seperti gambar berikut ini.
Ok sobat! Selamat ya blog sobat sudah ada bendera pengunjungnya, pada gambar di atas visitornya baru terlihat 1 dari Indonesia (karena blog ini khusus hanya untuk membuat tutorial blog saja). Jika sobat bisa menarik banyak pengunjung dari seluruh dunia maka benderanya pasti akan banyak. Demikian semoga bermanfaat. Good luck!!

0 Response to "Cara Memasang Flag Counter atau Bendera Pengunjung di Blog"