Latest News

Langkah Langkah Mengatur Template Blog di Blogger.com


Langkah Langkah Mengatur Template Blog di Blogger.comBagi sobat yang baru memulai karier di blog (cie...emangnya cari kerja ya? he..he..ya sob blog kan bisa dijadikan sumber penghasilan) atau yang baru pertama kali membuat blog di blogger.com mungkin akan bingung atau sedikit bingung dalam mengatur tempalate blognya (mudah2an memang gak bingung ya). Sobat bisa ikuti  langkah-langkah yang saya tulis di artikel ini. Namun bagi yang belum punya blog saya sarankan buat dulu blog dengan mengklik link ini
Setelah kita berhasil membuat blog pertama kali di blogger.com maka kita sudah bisa melakukan berbagai hal untuk mempercantik blog kita melalui dashboard. Salah satu yang menentukan cantik atau tidaknya blog yang kita miliki adalah kepandaian kita dalam memilih dan mengatur template blog. Sama seperti penyedia cms lainnya, blogger juga sudah menyediakan beberapa template sesuai dengan kategorinya untuk dimanfaatkan oleh para blogger. Jika sobat sekalian tidak mau memakai template yang sudah disediakan om blogger dapat juga menggunakan template yang dibuat oleh pihak kedua (bukan oleh blogger) seperti yang disediakan oleh Mas Sugeng atau yang lainnya. Diantara template yang mereka sediakan ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Jika sobat punya kelebihan rizki bisa lakukan pembelian dan jika tidak berpuas dirilah dengan template gratisan mereka. Tapi jangan salah walaupun gratis tetap prodak mereka mobile friendly. Mobile friendly? istilah apalagi tu? jawaban singkatnya adalah agar blog sobat lebih bersahabat dengan perangkat mobile seperti handphone, tablet. 
Pada artikel ini saya ingin mengajak sobat bloger untuk mengatur template blog yang sudah disediakan oleh om blogger.com. Karena template yang ini tak perlu sobat download tetapi sudah ada di dashboard sobat blogger semuanya. Untuk melakukannya sobat bisa lakukan langkah-langkah berikut ini:
  1. Pertama sobat harus masuk atau buka dulu halaman dashboard blog sobat dengan mengklik disain pada halaman blog.
  2. Pada bagian dashboard sobat bisa memilih menu template sehingga muncul halaman seperti tampilan gambar berikut.
  3. Silahkan sobat pilih satu template yang sobat sukai dari template yang sudah disediakan om blogger. Di sana sudah disediakan beberapa kategori template seperti sederhana, dinamis, keren sekali, perjalanan, dan lain-lain. Dalam contoh ini misalkan sobat memilih template dari kategori sederhana. Pada kategori sederhana sobat juga bisa pilih salah satu template misalkan seperti gambar berikut.
  4. Pilih terapkan ke blog atau sesuaikan akan muncul halaman seperti tampilan berikut.
  5. Jika sobat ingin mengganti template dengan template yang lainnya juga masih bisa lewat halaman ini. Jika tidak ingin mengganti template lagi silahkan klik latar belakang untuk mengatur latar belakang blog sehingga muncul halaman pengaturan latar belakang seperti gambar berikut.
  6. Pada bagian ini sobat bisa mengatur gambar latar dari blog sobat, Tema warna utama blog dan ada juga tema yang disarankan oleh blogger. Jika sobat mengklik gambar latar akan muncul tampilan seperti gambar berikut.
  7. Silahkan sobat pilih salah satu gambar latar belakang untuk blog sobat. Sesuaikan dengan jiwa seni yang sobat miliki. Dalam contoh ini kita gunakan latar belakang ULTRA GENERIC seperti terlihat pada gambar berikut.
  8. Setelah kita pilih salah satu latar belakang sekarang kita bisa mengklik tombol selesai sehingga blog yang kita miliki akan menjadi seperti gambar berikut.
  9. Jika sobat mau silahkan ganti juga warna tema utamanya, jika tidak sobat bisa pindah kepengaturan berikutnya yaitu sesuaikan lebar. Pada menu sesuaikan lebar ini sobat bisa mengatur lebar halaman blog diukur dari pinggir  atau tepi halaman dan bisa juga mengatur lebar isi halaman blog dengan cara menggeser horizontal scrollbar. Adapun halaman sesuaikan lebar seperti gambar berikut.
  10. Jika sobat tidak mau mengganti lebar atau sudah selesai melakukan pengaturan lebar sobat bisa pindah ke pengaturan tata letak. Pada menu tata letak ini kita bisa memilih bentuk tata letak atau lay out yang sudah ditentukan oleh blogger. Silahkan sobat pilih salah satu jenis tata letak untuk bagian isi dan tata letak untuk bagian kaki.
  11. Setelah kita selesai mengatur tata letak atau lay out yang diinginkan, sekarang kita akan melakukan pengaturan tingkat lanjut. Pada menu ini terdapat banyak pengaturan yang dapat sobat lakukan untuk memperindah atau mempercantik tampilan blog sobat. Jika sobat ingin mengaturnya silahkan klik menu ini, jika tidak sobat bisa langsung mengakhiri proses pengaturan ini dengan mengklik tombol terapkan ke blog pada bagian atas sebelah kanan halaman sobat. Jika sobat memilih menu tingkat lanjut akan muncul halaman seperti tampilan gambar berikut.
  12. Pada halaman ini sobat bisa mengatur teks laman, latar, link judul blog, deskripsi blog, teks tab, latar tab, judul posting, header tanggal, catatan kaki entri, gadget, gambar, aksen, mobile button color dan css. Sahabat bisa dengan leluasa melakukan pengaturan pada bagian ini dan tak perlu takut salah. Jika sobat tidak mengerti dengan bagian mana yang sedang sobat ubah, silahkan lihat pada tampilan blog di bagian bawahnya. Karena apa yang ingin kita atur nampak pada halaman blog bagian bawah. Berikut ini adalah contoh halaman pengaturan pada bagian judul blog.
  13. Jika sobat sudah melakukan semuanya atau sebagian hal yang menurut sobat perlu diatur sekarang sobat sudah bisa mengakhiri pengaturan ini dengan mengklik tombol terapkan ke blog pada bagian kanan atas halaman blog sobat. Setelah yakin semua pengaturan tersimpan (biasanya ada pesan di layar tanda pengaturan tela disimpan) sekarang sobat tinggal klik tombol lihat blog untuk melihat hasil pengaturan template yang sobat lakukan. Pada contoh tadi bisa kita lihat tampilannya sebagai berikut.
Nah sekarang sekali lagi saya ucapkan selamat untuk sobat. Sekarang sobat sudah bisa melakukan pengaturan template bawaan blogger. Semakin tinggi jiwa seni sobat biasanya blog sobat juga semakin indah. Setelah melakukan pengaturan ini sobat bisa melanjutkan ke hal-hal lainnya seperti mengatur postingan, mobile friendly, membuat relasi pos, dan lain sebagainya.

0 Response to "Langkah Langkah Mengatur Template Blog di Blogger.com"