Latest News

Mempercepat Pengindeksan Blog di Search Engine Menggunakan Google Webmaster Tool dan submit url

 Mempercepat Pengindeksan Blog di Search Engine Menggunakan Google Webmaster Tool dan submit urlSetelah kita berhasil membuat blog dan melakukan posting artikel, tentu kita akan menginginkan agar artikel yang kita posting cepat terindeks oleh mesin pencari seperti google dan lain sebagainya. Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya tentang langkah-langkah membuat blog sampai terindeks di google search bahwa untuk membuat blog dan postingan kita terindeks oleh mesin pencari seperti google kita dapat melakukan beberapa hal seperti share di berbagai media sosial (facebook, google +, tweeter dan lain). Selain itu kita juga harus menggunakan alat webmaster yang sudah disediakan oleh om google.
Dengan mendaftarkan blog kita di google webmaster tools akan memudahkan google mengenali keberadaan blog kita. Walaupun kita sudah membuat blog di cms kepunyaanya om google, ternyata tidak menjamin blog kita tersebut akan dikenal oleh si om. Maklumlah, si om google kan tidak hanya melayani blog kita tapi dia melayani jutaan blog yang sama dengan kita. Nah untuk memudahkan si om mengenal kita, maka kita harus pro aktif mengenalkan diri kepadanya he.he.
Sobat bloger! Untuk mendaftarkan blog kita di alat webmaster ini sebetulnya bukanlah sesuatu hal yang sulit. Dalam beberapa detik lagi saya jamin sobat sudah selesai melakukannya. Untuk itu sobat tinggal ikuti saja langkah-langkah berikut ini.
  1. Buka halaman home blog sobat (kecuali jika sobat sudah hafal alamat blog sobat) untuk mengambil alamat blog sobat. Kemudian lakukan peng-copy-an terhadap alamat yang ada di address bar
  2. Sobat buka google search engine atau mesin pencari google. Kemudian ketik alat webmaster seperti gambar berikut.
  3. Setelah itu silahkan sobat enter atau klik telusur  sehingga muncul gambar berikut.
  4. Silahkan sobat pilih google.com/webmaster/tools sehingga muncul tampilan beranda google webmaster tool seperti gambar berikut.
  5. Pada kolom di bawah tulisan "Untuk memulai, cukup tambahkan akun Anda sekarang" silahkan sobat pastekan alamat blog sobat yang sudah dikopy tadi. Jika sobat hafal alamatnya tinggal diketik saja di situ.
  6. Setelah yakin alamat blog yang sobat masukkan benar silahkan ketik tombol tambahkan property sehingga muncul halaman seperti tampilan gambar berikut ini.
  7. Tampilan di atas menandakan bahwa url blog sobat sudah terdaftar di google webmaster. Sobat bisa lihat pada pojok kanan atas (samping combo bantuan) sudah tertulis alamat blog sobat. Pada informasi yang di kotak kuning menginformasikan kepada kita untuk membuka email untuk melihat langkah selanjutnya. Untuk melihat pesan sobat bisa mengklik tombol pesan pada menu samping kiri sehingga muncul halaman seperti tampilan berikut.
  8. Jika sobat klik beranda akan terlihat tampilan seperti gambar berikut.
Dengan munculnya gambar di atas berarti sobat sudah sukses mendaftarkan blog di webmaster. Mudah2an om google jadi lebih mudah mengenal blog sobat. Langkah selanjutnya adalah upaya untuk memudahkan om google mengindeks artikel yang kita posting di blog yang kita cintai. Jika kita ingin postingan cepat terindeks di mesin pencari, maka sobat bisa lakukan langkah-langkah submit url di alat webmaster berikut ini.
  1. Pertama silahkan sobat buka halaman artikel yang sudah diposting atau publikasikan. Kemudian pada address bar lakukan pengkopyan url halaman tersebut.
  2. Setelah itu sobat buka mesin pencari google, kemudian ketikan "submit url google webmaster tools". Kemudian bukan alamat tersebut sehingga muncul halaman submit url seperti tampilan gambar berikut.
  3. Setelah muncul halaman di atas, silahkan sobat pastekan url halaman yang sudah di copy tadi pada kolom url. Kemudian ketik kode pengaman yang tampak pada gambar seperti gambar berikut.
  4. Setelah itu sobat harus melakukan klik pada tombol submit request sehingga muncul pesan seperti gambar berikut.
Jika pesan seperti di atas sudah muncul (bisa juga dalam bahasa Indonesia) berarti google akan merayapi url tersebut dalam beberapa saat tertentu. Jika sudah dirayapi maka url tersebut akan muncul di mesin pencari google jika judul postingan tersebut kita ketik di mesin pencari. Seperti yang sudah saya sampaikan pada postingan sebelum-sebelumnya bahwa beberap senior blog berpesan agar kita tidak usah terlalu banyak submit url dalam waktu yang berdekatan karena dikhawatirkan om google menganggapnya sebagai sebuah spam. Ok sobat! Saya ucapkan selamat atas kesuksesan sobat. good luck

1 Response to " Mempercepat Pengindeksan Blog di Search Engine Menggunakan Google Webmaster Tool dan submit url"