Latest News

Langkah Langkah Membuat Blog Sampai Terindeks di Google Search

Langkah Langkah Membuat Blog Sampai Terindeks di Google Search Sobat bloger! Kali ini saya akan coba share atau berbagi langkah-langkah mulai dari awal pembuatan blog sampai blog tersebut dapat diindeks oleh mesin pencari seperti google search. Artikel ini saya khususkan bagi sobat-sobat bloger yang baru memulai atau baru mau mulai aktif di dunia bloger. Kenapa saya tuliskan artikel ini? Karena menurut saya artikel yang ada di blog-blog senior umumnya ditulis secara terpisah walaupun antara artikel tersebut sudah mereka buat link atau tautan. Jadi artikel ini merupakan ringkasan cara membuat blog mulai dari awal sampai terindeks di google dalam satu artikel. Harapan saya dengan artikel ini para pendatang baru di bloger dapat lebih mudah untuk mencernanya dan lebih mudah untuk mengikuti langkah-langkahnya. 
Bagi sobat yang baru datang di dunia blog, perlu saya jelaskan bahwa terindeks di google atau mesin pencari lainnya merupakan suatu kepuasan dan kebahagian tersendiri bagi seorang bloger apalagi bagi para bloger yang bergerilya mencari dolar atau pundi-pundi rizki di dunia maya. Karena dengan terindek di mesin pencari berarti artikel-artikel yang kita posting (yang dari awal kita maksudkan untuk dilihat dan dibaca orang lain) bisa dilihat dan dibaca oleh para pengunjung di seluruh dunia. Mendapatkan pengunjung yang banyak apalagi dengan komentar mereka yang menggelitik adalah sebuah kebahagiaan. Jadi! kita tidak cukup hanya dengan memposting artikel kemudian kita biarkan begitu saja. Saya yakin sobat semua akan malas melakukan posting jika artikel yang ditulis tak bisa dilihat oleh orang lain.
Nah! Untuk dapat membuat blog sampai terindek dengan cepat di mesin pencari seperti google kita dapat melakukan langkah-langkah berikut ini:
  1. Cara pertama adalah kita harus membuat akun email (surat elektronik). Umumnya orang zaman sekarang sudah pada punya email baik yang dari google maupun dari yahoo. Buktinya hampir semua pemilik gadget dari kecil sampai yang besar, dari muda sampai tua sudah punya akun media sosial seperti facebook, tweeter, line, bbm dan sebagnsanya.  Itu artinya kita sudah memiliki akun email, karena untuk dapat memiliki akun-akun sosial tersebut wajib punya email. Namun bagi sobat yang sudah lupa cara buat email atau mungkin dulunya email dibuatkan orang, atau memang belum pernah sama sekali membuat email bisa diikuti langkah-langkah membuat email pada link cara membuat email. Namun saran saya, karena kita akan membuat email diblogger lebih baik buat emailnya di google saja (gmail). Apalagi sekarang ini google menerapkan sistem satu akun untuk semua. Maksudnya dengan memiliki akun google berarti kita sudah bisa menikmati drive, foto, gmail, dan lain-lain. Untuk membuat akun email di google silahkan sobat klik link https://www.gmail.com.
  2. Setelah sobat mempunyai email, maka sekarang sobat sudah bisa mendaftar sebagai bloger baru di blogger.com atau bisa juga di wordpress.com. Masing-masing memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri. Namun pada artikel ini saya ingin mengajak sobat untuk membuat blog di blogger (blogspot.com). Perlu sobat ketahui bahwa blogger ini masih kepunyaanya om google, jadi sekarang sobat akan mempunyai akun semuanya dari om google.he.he. Adapun langkah-langkah untuk membuat blog di bloger dapat sobat lihat di Langkah-Langkah Membuat blog di blogger.com.
  3. Setelah sobat berhasil membuat blog (selamat ya sob) berarti sobat sudah bisa memulai menulis artikel atau postingan untuk ditampilkan di dunia maya. Semakin banyak sobat menulis, semakin banyak pula manusia yang dapat mengetahui isi pikiran sobat. Sobat bisa posting artikel sesuai dengan hobi atau bakat yang dimiliki seperti olah raga, musik, wisat, pendidikan, kedokteran dan lain sebagainya. Jika sobat telah menulis artikel dan mempostingnya, tentunya sobat ingin artikel tersebut bisa dilihat orang di mesin pencari seperti google dan yahoo seperti sobat selalu cari artikel melalui mesin pencari tersebut. Jika sobat melakukan ini pada blog sobat atau artikel yang sudah diposting, hampir bisa dipastikan blog atau postingan tersebut belum terindek di mesin pencari google. Untuk dapat dan cepat terindeks sobat harus melakukan beberapa hal seperti share di berbagai akun sosial media seperti google+, facebook, tweeter, pinterest dan lain-lain. Selain cara share tadi ada hal yang perlu dan bahkan wajib (kalau gak dosa kali ya) sobat lakukan yaitu melakukan submit url dan mendaftarkan akun blog di google webmasters tools. Dengan mendaftarkan akun blog sobat di google webmaster dan mensubmit url blog dan postingan sobat di submit url tool akan membuat blog dan artikel sobat lebih cepat terindeks di google.
Demikian sobat bloger langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk membuat blog yang kita cintai dapat terindeks di google. Untuk selanjutnya sobat bisa lakukan posting artikel sebanyak-banyaknya kemudian submit terus di alat webmaster setiap kali artikel tersebut dipublikasikan. Semakin banyak postingan yang kita publikasikan maka blog kita akan semakin mudah diindeks oleh mesin pencari. Namun kata para senior bloger ada yang mengingatkan jangan terlalu banyak submit url dalam satu hari (kalau bisa 2 sampai 4 saja) agar tidak dianggap google sebagai spam. goog luck!!

0 Response to "Langkah Langkah Membuat Blog Sampai Terindeks di Google Search "