Latest News

Belajar Membuat Blog Dengan Wordpress Terbaru

Assalamualaikum Sob! Kali ini saya akan coba berbagi tentang langkah-langkah membuat blog menggunakan wordpress.com. Sebagaimana halnya dengan membuat blog menggunakan fasilitas yang ada di blogger, pada wordpress.com kita juga terlebih dahulu diwajibkan untuk memiliki akun surat elektronik atau email. Jika sobat belum memiliki email dan belum bisa buat email silahkan sobat buat dulu dengan mengikuti langkah-langkah di sini. Jika sudah punya email sobat bisa langsung ikuti langkah langkah berikut:
  1. Buka browser yang sobat miliki (mozila, internet explorer, crome dan lain-lain)
  2. Ketik atau masukkan url http://www.wordpress.com pada address bar kemudian enter (atau bisa juga dilakukan dengan cara membuka google search kemudian ketik wordpress.com. Akan muncul gambar berikut.
    Belajar Membuat Blog Dengan Wordpress Terbaru
  3. Klik tombol buat situs web sehingga muncul tampilan halaman berikut.
  4. Ketik alamat situs yang kita inginkan, jika alamat situs sudah ada (berarti tidak tersedia lagi untuk kita) akan ada peringatan.
  5. Jika ada peringatan seperti di atas, kita ganti saja dengan alamat situs yang lain sampai muncul tanda ceklis yang menandakan situs tersebut bisa kita gunakan.
  6. Klik tombol buat situs anda dan lanjutkan sehingga muncul halaman seperti gambar berikut.
  7. Iskikan alamat surel (Email anda), nama pengguna dan pasword. jika sudah benar akan muncul tombol langkah berikutnya akan aktif
  8. Jika tombol langkah berikutnya sudah aktif, tunggu apalagi? langsung saja klik tombol tersebut untuk melanjutkan.
  9. Pada halaman cari alamat kustom anda bisa isikan alamat yang diinginkan, dan akan muncul alamat-alamat blog dengan harganya dalam dolar. Jika anda tidak mau silahkan lewatkan halaman ini dengan mengklik tombol tidak terima kasih
  10. Selanjutnya silahkan anda pilih tema blog yang akan digunakan. Gak usah pusing-pusing pilih saja salah satu yang diinginkan, jika nanti tidak cocok bisa kita ganti belakangan.
  11. Pilih paket yang ingin anda gunakan. Jika anda ingin yang gratis seumur hidup ya pilih saja tombol gratis, jika tidak anda  bisa pilih yang kelas premium atau bisnis
  12. Jika sudah di pilih (yang gratis yo mas!) akan ada ucapan terimakasih dan verifikasi email. jadi untuk bisa melakukan postingan selanjutnya kita harus verifikasi email yang digunakan. silahkan buka alamat email yang digunakan waktu mendaftar wordpress kemudian klik tautan yang ada di email yang dikirimkan pihak wordpress. Kita juga diperkenankan untuk mengganti alamat email, melakukan kustomisasi situs. Jika tidak mau melakukannya sekarang kita bisa klik melewatkan langkah-langkah tersebut sehingga muncul halaman berikut.
  13. Klik lihat situs sehingga muncul situs yang sudah berhasil kita buat.
Jika gambar di atas sudah muncul (tampilannya bergantung pada tema yang dipilih di awal) berarti kita sudah sukses membuat sebuah blog dengan CMS wordpress.com. Selanjutnya kita tinggal melakukan posting, dan melakukan kustomisasi sehingga blog yang kita miliki sesuai dengan selera kita.

0 Response to "Belajar Membuat Blog Dengan Wordpress Terbaru"