Latest News

Cara Menghapus Pesan 404 Yang Muncul Ketika Halaman Blog diklik

Cara Menghapus Pesan 404 Yang Muncul Ketika Halaman Blog diklikSobat bloger! Pada artikel kali ini izinkan saya melakukan share tentang cara menghapus pesan 404 yang muncul ketika salah satu halaman blog kita diklik, baik melalui search engine maupun ketika diklik pada halaman blog. Tutorial ini saya khususkan bagi sobat blogger yang baru berkecimpung di dunia blog dan pernah mengalami hal seperti ini. Pesan 404 akan mempengaruhi beberapa hal terutama bagi rekan-rekan yang ingin menggeluti dunia periklanan adsen. Jadi sedapat mungkin pesan 404 ini tidak terjadi di blog sobat.
Jika sobat ternyata mengalami hal ini, jangan panik dulu. Tenang saja, karena banyak saudara-saudara kita yang baik hati mau berbagi ilmu dan pengalaman mereka tentang masalah yang satu ini. Yang jelas setiap kejadian harus kita jadikan ilmu dan pelajaran agar di kemudian hari kita tidak mengalaminya lagi atau paling tidak dengan pengalaman ini kita bisa berbagi dengan sobat bloger yang lainnya.
Pesan 404 biasanya terjadi ketika halaman blog kita tidak ditemukan lagi oleh google. Kenapa tidak ditemukan? Padahal sebelumnya halaman blog sobat ini baik-baik saja. Pengalaman yang saya alami tentang munculnya pesan ini, biasanya terjadi saat kita melakukan perubahan judul postingan atau artkel yang sudah pernah kita lakukan submit url di webmaster tools. Jika kita mengganti judul artikel yang sudah dipublikasikan, padahal jenis tautan yang kita gunakan adalah tautan permanen otomatis, maka bisa jadi tautan halaman kita ini juga akan berubah dari semula sehingga ketika kita lakukan pembaruan artikel tautan ini juga akan berubah. Ketika pengunjung membuat link ketautan sebelumnya atau melihat halaman yang sudah pernah diposting digoogle kemungkinan besar tidak akan bisa menemukan halaman ini lagi. Akibatnya di halaman browser akan muncul atau keluar pesan 404 ini.
Pengalaman lainnya adalah pesan 404 ini bisa muncul ketika kita melakukan penghapusan ataupun mengembalikan ke draf artikel-artikel yang sudah kita posting atau publikasikan sebelumnya. Apalagi kalau sudah di submit di webmaster tool, maka ketika pengunjung melihat halaman ini masih ada di mesin pencari google atau search engine lainnya dan mereka mengklik halaman tersebut tentu saja google tidak akan berhasil menemukan halaman ini. Ujung-ujungnya google akan mengeluarkan sebuah pesan 404 ini yang menandakan halaman yang dicari tidak ditemukan lagi.
Nah sobat blogger! Untuk dapat mengatasi masalah ini sobat bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Pertama sobat bloger masuk dulu ke halaman webmaster tools. Untuk masuk ke halaman ini bisa klik di sini
  2. Silahkan klik atau pilih blog yang sobat yang bermasalah pada halaman webmaster tool. (jika sobat hanya punya satu blog tak usah memilih ya, cukup diklik aja langsung blog nya he..he).
  3. Setelah sobat pilih blog yang bermasalah, sekarang silahkan sobat pilih menu sebelah kiri tentang perayapan-->kesalahan perayapan.
  4. Pada halaman ini sobat akan melihat halaman-halaman yang tidak ditemukan tadi. Jangan lupa selain melihat kesalahan perayapan pada versi dekstop, sobat juga harus lihat kesalahan perayapan pada versi ponsel. Untuk melakukan penghapusan halaman yang tidak ditemukan ini sahabat klik saja salah satu halaman yang tidak ditemukan sehingga muncul halaman seperti gambar berikut.
  5. Setelah itu klik kanan urlnya dan pilih copy link. Kemudian klik tombol tandai sebagai telah diperbaiki, tunggu halaman yang tadi tidak ditemukan hilang dari daftar halaman yang tidak ditemukan. (jika halaman yang tidak ditemukan sebaiknya sobat copy saja dulu url nya ke notepad, setelah semuanya dikopy sobat bisa lakukan langkah ke 6).
  6. Setelah hilang, silahkan sobat klik menu google indeks dan pilih hapus url sehingga muncul gambar berikut.
  7. Klik tombol buat permintaan penghapusan baru sehingga muncul tampilan halaman berikut.
  8. Lakukan klik kanan paste (Ctrl + V) pada kolom ketikan URL yang ingin dihapus. Setelah itu klik tombol terus (submit) sehingga muncul halaman seperti tampilan gambar berikut.
  9. Berikutnya sobat harus mengklik tombol kirim permintaan sehingga muncul pesan berikut ini.
  10. Jika sudah muncul pesan berikut berarti sobat sudah bisa melakukan proses penghapusan pesan tersebut. 
Biasanya pengahapusan pesan ini dilakukan dalam rentang waktu tertentu, ada yang cepat dan ada pula yang lambat. Pengalaman saya yang paling cepat bisa langsung dan paling lambat tidak lebih dari 24 jam. Untuk menghapus url yang lainnya sobat bisa lakukan hal yang sama seperti langkah langkah di atas. Jika sobat beruntung biasanya langsung di hapus dan pesannya biasa terlihat seperti gambar berikut ini.
Jika ditunda ya sobat yang sabar saja ya sob...sekali lagi saya ucapkan good luck sobat!!

0 Response to "Cara Menghapus Pesan 404 Yang Muncul Ketika Halaman Blog diklik"