Latest News

Cara Menampilkan Contact Form Bawaan Blogger Ke Menu Halaman Blog

Cara Menampilkan Contact Form Bawaan Blogger Ke Menu Halaman BlogContact Form atau formulir kontak adalah sebuah fasilitas yang digunakan oleh para blogger untuk memberikan kemudahan kepada pengunjungnya dalam berinteraksi lebih dalam dengan pemilik blog. Berbeda dengan Kolom komentar yang ada pada bagian bawah halaman posting, contact form akan membuat pengunjung dapat berkomunikasi langsung dengan admin blog via email sedangkan kolom komentar biasanya akan ditayangkan langsung pada bagian bawah halaman posting. Artinya contact form ini lebih privat dibandingkan dengan kolom komentar yang bisa dibaca oleh pengunjung lainnya.
Sekarang ini om blogger sudah memunculkan fasilitas baru yaitu form contact untuk memudahkan para blogger dalam memberikan kemudahan kepada pengunjungnya. Namun demikian fasilitas ini boleh terbilang sederhana jika dibandingkan dengan form contact yang dirancang para blogger atau penyedia contact form instan lainnya. Tapi jangan salah dulu ya sob, walaupun sederhana kemampuan tetap sama dan jitu. Kan yang buat om bloger..he..he. Yang jelas contact form bawaan om bloger pasti lebih aman dari url susupan.
Masalah kedua (mungkin bagi sebagian orang dianggap masalah sob) contact form yang di sediakan google hanya diuntukkan pada bagian body atau footer saja (karena pemasangannya lewat gadget. Tapi sobat gak usah khwatir dulu karena masih bisa kita akalin kok supaya contact form ini bisa kita buat dalam sebuah halaman menu dan tidak tampil lagi di bagian gadget (sidebar, footer). Tampilanya pun masih bisa kita ubah dengan menambahkan beberapa kode mantra yang tidak terlalu panjang. Hanya saja kita harus sedikit melakukan perubahan pada kode HTML blog kita.
Bagi sobat blogger pendatang baru atau yang lama tapi belum bisa membuat form contact, sobat bisa lanjutkan membaca artikel sederhana ini. Bagi yang senior kasih masukannya ya sob demi kebaikan kita bersama. Untuk dapat membuatnya silahkan sobat bloger ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Pertama sobat harus masuk dulu ke halaman dashboard blog sobat (ingat jangan dashboard orang lain ya sob..he..he gurau sob).
  2. Pada bagian dashboard silahkan sobat pilih menu lay out atau tata letak sehingga muncul halaman lay out seperti gambar berikut.
  3. Pada bagian halaman lay out atau tata letak silahkan sobat tambahkan gadget pada bagian mana saja misalkan side bar atau footer sehingga muncul halaman berikut.
  4. Jika tidak ada pada halaman ini contact form silahkan sobat klik menu gadget lainnya yang ada pada bagian samping sehingga muncul gambar berikut.
  5. Silahkan sobat pilih formulir kontak sehingga muncul gambar berikut.
  6. Jika sobat mau bisa diganti judul gadget ini, jika tidak mau ganti judul gadget silahkan sobat klik tombol simpan sehingga pada layout sobat sudah bertambah satu gadget dengan nama sesuai yang sobat berikan.
  7. Jika sobat mau mengubah susunan gadget nya boleh juga, tapi jika tidak mau nanti juga gadget contact form ini akan kita hilangkan juga dari sidebar sehingga contact form hanya muncul di bagian menu halaman blog kita. Setelah itu lakukan penyimpanan gadget dengan mengklik tombol simpan setelan dan lihat hasilnya pada blog sobat dengan mengklik lihat blog
Nah! sekarang sobat sudah berhasil memasukkan form kontak ke dalam blog sobat. Hanya saja kalau tampilnya di bagian dalam kurang terlihat elegan. Agar terlihat lebih elegan kita bisa jadikan kontak form ini dalam menu halaman blog kita. Nantinya setelah dimasukkan ke menu halaman, form kontak ini hanya akan muncul ketika menu kontak diklik pengunjung (tidak tampil terus di blog). Untuk memasukkan form kontak ini ke menu halaman sobat blogger dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Kembali ke dashboard blog sobat, kemudian pilih halaman sehingga muncul seperti tampilan gambar berikut.
  2. Setelah itu sobat klik tombol laman baru sehingga muncul tampilan seperti berikut.
  3. Beri judul form kontak, setelah itu sobat klik tomblo HTML (disamping tombol compose). Setelah itu masukkan kode HTML berikut ini ke dalam halaman.                                           <div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
    <div dir="ltr" style="text-align: left;" trbidi="on">
    <div style="text-align: justify;">
    Saya akan merasa senang jika sahabat memberikan masukan, saran, kritikan yang sifatnya membangun terhadap apa yang disajikan dalam uniksharianja.com ini. Jika sahabat ingin memberikan masukan, saran atau kritikan yang membangun, sahabat bisa gunakan fasilitas form di bawah ini:<br />
    <br /></div>
    <div class="widget ContactForm" id="ContactForm1">
    <div class="contact-form-widget">
    <div class="form">
    <form name="contact-form">
    <i class="fa fa-user"></i> Name: <input class="contact-form-name" id="ContactForm1_contact-form-name" name="name" size="30" type="text" value="" />
            <br />
    <br />
    <i class="fa fa-envelope-o"></i> E-mail:<input class="contact-form-email" id="ContactForm1_contact-form-email" name="email" size="30" type="text" value="" />
            <br />
    <br />
    <i class="fa fa-pencil-square-o"></i> Message:
    <textarea class="contact-form-email-message" cols="25" id="ContactForm1_contact-form-email-message" name="email-message" rows="5"></textarea><br />
    <input class="contact-form-button contact-form-button-submit fa-user" id="ContactForm1_contact-form-submit" type="button" value="Submit" />
            <br />
    <div class="contact-form-error-message" id="ContactForm1_contact-form-error-message">
    </div>
    <div class="contact-form-success-message" id="ContactForm1_contact-form-success-message">
    </div>
    <br /></form>
    </div>
    </div>
    </div>
    </div>
    <div style="text-align: justify;">
    Masukkan, saran dan kritikan yang sahabat tuliskan akan terkirim langsung ke email saya. Atas perhatian sahabat-sahabat semua saya ucapkan terima kasih.<br />
    <br /></div>
    </div>
  4. Untuk mengecek sukses atau tidaknya sobat bisa mengklik tombol compose (di samping HTML tadi). Jika sukses akan muncul form kontak seperti berikut.
  5. Jika sudah sukses sekarang lakukan klik tombol publikasi untuk memberitahukan pengunjung bahwa kita punya form kontak. Sebagai tanda suksesnya bisa sobat lihat pada menu halaman sudah ada halaman form kontak sobat.
  6. Untuk menampilkannya pada menu sekarang sobat kembali lagi ke halaman tata letak atau lay out. Jika Template sobat belum punya halaman bisa sobat tambahkan gadget halaman dengan cara klik tambah gadget --> pilih halaman. Tapi umumnya template bawaan blogger sudah dilengkapi dengan gadget halaman sehingga sobat tinggal lakukan klik edit gadget halaman saja. Setelah sobat klik edit akan muncul halaman berikut.
  7. Sekarang sobat tinggal melakukan klik pada checkbox Kontak Saya. Jika mau sobat juga bisa ganti judul gadgetnya dengan Halaman. Hasilnya kira kira seperti gambar berikut.
  8. Setelah selesai sekarang silahkan sobat klik tombol simpan. Kemudian dilanjutkan dengan simpan setelan dan saksikanlah hasilnya di halaman blog sobat sekarang sudah muncul menu Halaman.
Sampai langkah di atas sebetulnya sobat sudah sukses membuat menu halaman kontak saya. Jika menu ini di klik akan muncul form contact saya yang sudah sobat buat tadi. Permasalahannya sekarang tinggal lagi pada gadget form contact yang pertama kali sobat buat (yang selalu tampil di blog kita ). Jika kita tidak menghilangkan form ini berarti kita akan mempunya rangkap form kontak. Selain itu kelihatannya juga kurang enak, padahal dipakainya tidak untuk setiap saat. Untuk melakukannya sobat bisa lihat pada postingan saya berikutnya tentang bagaimana cara menghilangkan contact bawaan blogger ini di halaman sidebar tapi masih bisa dipakai melalu menu halaman kontak saya. selain itu juga nanti insya Allah akan dijelaskan cara mengubah tampilan kontak form bawaan blogger supaya tampil elegan di blog kita. Good luck Sob!!!

5 Responses to "Cara Menampilkan Contact Form Bawaan Blogger Ke Menu Halaman Blog"

  1. Replies
    1. ok...sama sama gan...jangan lupa share ya..!

      Delete
  2. ok...sama sama gan...jangan lupa share ya..!

    ReplyDelete
  3. ga kok saya kolom nya tidak muncul hanya tulisannya saja yang muncul mohon dibantu saya masih pemula . tx

    ReplyDelete
  4. ga kok saya kolom nya tidak muncul hanya tulisannya saja yang muncul mohon dibantu saya masih pemula . tx

    ReplyDelete