Latest News

Cara Membuat Contact Form Instant Dari Contact Form Generator

Sobat bloger! Ada pepatah yang mengatakan "Tak satu jalan ke roma", begitu juga dengan membuat contact form juga bisa dilakukan dengan banyak jalan. Jika kita tidak mau membuat contact form dari contact form bawaan blogger, kita juga bisa membuat contact form ini secara instant dengan memanfaatkan jasa peyedia contact form. Ada banyak situs web yang menyediakan layanan ini. Jika sobat mengetik "contact form generator" pada search engine, maka sobat akan pusing memilih karena banyaknya yang bersedia melayani sobat. Jika sobat tidak mau pusing memilih, mungkin sobat bisa coba layanan pada www.123contactform.com,  www.contactformgenerator.net atau foxyform.
Masing-masing penyedia layanan contact form di atas tentu mempunyai kelebihan dan keunikan masing-masing. Pada layanan mereka kita bisa memilih tampilan contact form yang beraneka ragam. Silahkan nanti sobat pilih model yang sesuai dengan hati dan sesuai dengan blog sobat. Lantas apa bedanya dengan contact form bawaan blogger? bedanya pada blogger tampilannya kita tak bisa milih kecuali kalau sobat mau mengubah tampilannya dengan edit htmlSelain itu pada contact form blogger tidak ada sisipan url atau alamat situs, sedangkan pada layanan di atas ada.
Baik sobat blogger! biar gak berlama-lama menunggu langsung saja kita ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Pertama silahkan sobat buka salah situs penyedia layanan contact form. Kalau mau silahkan sobat klik di sini. Akan muncul halaman seperti gambar berikut ini.
    Cara Membuat Contact Form Instant Dari Contact Form Generator
  2. Setelah itu silahkan  sobat pilih sign up form free (kalau sobat gak mau yang berbayar atau premium) sehingga muncul halaman berikut.
  3. Sekali lagi klik tombol sign up pada bagian  basic free always (gak mau bayar kan sob?). Akan muncul halaman seperti terlihat pada gambar berikut ini.
  4. Silahkan sobat isi username, password, confirmasi password (ulangi password) dan email sobat seperti gambar berikut.
  5. Setelah itu klik tombol create account sehingga muncul halaman berikut.
  6. Karena sobat hanya akan membuat contact form, sekarang sobat klik saja kotak contact & lead form (oh ya sob! pada web ini sobat juga bisa membuat fasilitas survey, polling, quiz dan lain-lain, jika sobat mau nanti bisa juga menggunakannya). Jika sudah diklik akan muncul halaman berikut.
  7. Pilih tombol OK sehingga muncul halaman berikut.
  8. Jika sobat mau mengubah field contact form bisa digunakan fasilitas add field pada bagian sebelah kiri. Jika mau mengedit field gunakan edit field. Jika sobat tidak mau melakukan perubahan langsung saja dengan mengklik tombol continue pada pojok kanan atas. Akan muncul halaman berikut ini.
  9. Jika tidak mau melakukan perubahan klik saja tombol continue, tapi kalau ada yang diubah jangan lupa klik tombol save change. Jika tombol contunue diklik akan muncul halaman berikut ini.
  10. Setelah itu silahkan sobat klik tombol finished (selesai) sehingga muncul halaman berikut.
  11. Klik menu get code & publish untuk mengambil code  html yang akan kita letakkan di blog kita. Akan muncul halaman seperti gambar pada langkah no 9. Setelah itu klik menu Embed Code pada bagian sebelah kiri akan muncul halaman seperti gambar berikut.
  12. Klik code java script (recommended) sehingga terblok seperti gambar di atas untuk kemudian kita pastekan pada halaman yang sudah kita buat pada blog kita. Tapi jika sobat ingin melihat dulu bentuk form yang akan kita gunakan tersebut, sobat bisa klik tombol live demo sehingga muncul halaman berikut.
  13. Jika sudah yakin dengan bentuk yang ditampilkan pada halaman di atas, dan tidak ada keinginan untuk mengubahnya, sobat tinggal copy saja code javascript tadi, kemudian sobat buka dashboard blog sobat dan pilih menu halaman. Pastikan sobat sudah memiliki halaman di dashboard, jika belum sobat pilih tamba halaman (laman baru).
  14. Klik edit halaman kemudian, pilih HTML (di samping compose) dan pastekan code javascript yang sobat copy tadi seperti gambar berikut.
  15. Jika sobat mengklik kembali tombol compose akan terlihat hasilnya seperti berikut.
  16. Klik perbarui dan publikasi jika halaman belum dipublikasikan, mak sekarang sobat sudah punya halaman contact form yang baru.
Demikian sobat blogger cara membuat contact form dengan memanfaatkan fasilitas dari penyedia layanan contact form. Setelah itu sobat tinggal tampilkan halaman tersebut pada menu halaman statis sobat. Jika lupa caranya sobat tinggal lihat lagi artikel saya tentang menampilkan halaman contact form di menu halaman. good luck sob!!

0 Response to "Cara Membuat Contact Form Instant Dari Contact Form Generator"